AJENG, ADHIATI HAPSARI (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN PENAWARAN SAHAM PERDANA PERIODE 2009-2013. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Proses penawaran saham perusahaan pertama kali melalui bursa efek disebut dengan initial public offering (IPO) atau penawaran perdana. Dalam IPO seringkali terjadi fenomena underpricing, dimana harga saham di pasar perdana lebih rendah dari harga saham di pasar sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh return on asset (ROA), financial leverage (DER), ukuran perusahaan, umur perusahaan, reputasi underwriter, dan reputasi auditor terhadap underpricing. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan uji F dan uji t menggunakan analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi 5%. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan kriteria tertentu, sehingga didapat sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 perusahaan yang mengalami underpricing. Hasil pengujian secara simultan menjelaskan bahwa semua variabel independen secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing. Hasil pengujian parsial menunjukkan bahwa variabel financial leverage (DER) berpengaruh signifikan terhadap underpricing sedangkan variabel return on asset (ROA), ukuran perusahaan, umur perusahaan, reputasi underwriter, dan reputasi auditor tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing.
Actions (login required)