UDiNus Repository

PENGARUH PEMAHAMAN, KESADARAN PERPAJAKAN, DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEBERHASILAN PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KECAMATAN SEMARANG BARAT

DUHITA, IMANASTUTI (2015) PENGARUH PEMAHAMAN, KESADARAN PERPAJAKAN, DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEBERHASILAN PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KECAMATAN SEMARANG BARAT. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img] PDF
Download (400Kb)
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3952b) | Preview

      Abstract

      Bertambahnya jumlah penduduk Indonesia per tahun menyebabkan meningkat pula kebutuhan papan. Hal tersebut berbanding lurus dengan peningkatan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan. Saat ini semakin banyak jumlah Wajib Pajak yang terdaftar dan aktif membayar pajak menunjukkan respon positif berupa partisipasi masyarakat dalam membantu pembangunan dan kemajuan negara. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pemahaman, kesadaran perpajakan, kepatuhan wajib pajak berpengaruh terhadap keberhasilan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Semarang Barat. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi dan saran kepada fiskus dalam rangka meningkatkan penerimaan pajak. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang ada di Kecamatan Semarang Barat. Berdasarkan data dari DPKAD hingga tahun 2013 terdapat 37.466 wajib pajak. Pengambilan sampel menggunakan metode proportional sampling dengan jumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman, kesadaran perpajakan, kepatuhan wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Semarang Barat.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:47
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17590

      Actions (login required)

      View Item