UDiNus Repository

OPINI AUDIT GOING CONCERN: KAJIAN BERDASARKAN FAKTOR-FAKTOR KEUANGAN DAN NON KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2011-2013

ADELINA, SARI MAHARDIKA (2015) OPINI AUDIT GOING CONCERN: KAJIAN BERDASARKAN FAKTOR-FAKTOR KEUANGAN DAN NON KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2011-2013. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (554Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Penelitian ini merupakan penelitian tentang kecenderungan penerimaan opini audit going concern. Opini audit going concern merupakan opini yang dikeluarkan auditor untuk memastikan apakah perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Auditor harus bertanggungjawab terhadap opini going concern yang dikeluarkan, karena akan mempengaruhi keputusan para pemakai laporan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh opini audit tahun sebelumnya, reputasi KAP, rasio profitabilitas, rasio likuiditas, rasio leverage, rasio aktivitas, ukuran perusahaan, rasio pertumbuhan perusahaan, kondisi keuangan terhadap pemberian opini going concern pada perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian berjumlah 60 perusahaan yang dipilih dengan metode purposive sampling, dengan periode pengamatan 3 tahun. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari laporan keuangan auditan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2011-2013 yang telah dipublikasikan. Dengan metode pengumpulan data dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan yaitu metode regresi logistik. Hasil dari penelitian ini memberikan dukungan secara empiris bahwa opini audit tahun sebelumnya mempengaruhi auditor dalam memberikan opini audit going concern. Namun hasil penelitian ini tidak memberikan dukungan secara empiris bahwa reputasi KAP, rasio profitabilitas, rasio likuiditas, rasio leverage, rasio aktivitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan kondisi keuangan mempengaruhi auditor dalam memberikan opini audit going concern.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:47
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17629

      Actions (login required)

      View Item