KUSWIDYO, B AJI (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CV AJI TOUR SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Dalam situasi persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan jasa atau penyedia jasa harus dapat melihat faktor-faktor apa saja yang penting dan mempengaruhi kepuasan konsumennya demi kelangsungan bisnis perusahaan tersebut. Kepuasan pelanggan adalah aspek penting dalam pencapaian keuntungan suatu perusahaan baik perusahaan penghasil barang atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dan bukti fisik (tangibles) terhadap kepuasan pelanggan CV Aji Tour Semarang. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan CV Aji Tour Semarang sebanyak 97 unit(sekolah/perguruan tinggi/instansi pemerintah/kelompok masyarakat). Seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Variabel yang diamati adalah kepuasan pelanggan terhadap keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik yang diberikan atau dimiliki CV Aji Tour Semarang; yang diukur melalui angket. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik terhadap kepuasan pelanggan, artinya apabila keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik meningkat maka kepuasan pelanggan juga akan meningkat.
Actions (login required)