UDiNus Repository

PENGARUH FAKTOR LIKUIDITAS, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN STRUKTUR ASSET YANG MEMPENGARUHI KINERJA KEUANGAN DALAM INDUSTRI YANG GO PUBLIC DI BEI PERIODE 2009-2012

ANDIKHA, HUTOMO PAMBUDI (2015) PENGARUH FAKTOR LIKUIDITAS, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN STRUKTUR ASSET YANG MEMPENGARUHI KINERJA KEUANGAN DALAM INDUSTRI YANG GO PUBLIC DI BEI PERIODE 2009-2012. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (709Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Return On Assets (ROA) merupakan suatu rasio penting yang dapat dipergunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dengan investasi yang telah ditanamkan (aset yang dimilikinya) untuk mendapatkan laba. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi Return On Assets (ROA) diantaranya likuiditas, pertumbuhan perusahaan dan struktur asset. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, pertumbuhan perusahaan dan struktur asset terhadap Return On Asset (ROA) perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI periode 2009 2012. Adapun jumlah perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI periode 2009 2012 berjumlah 146 perusahaan. Di dalam pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI periode 2009 2012 dan menyusun laporan keuangan tahunan secara berturut-turut tahun 2009 2012 sehingga diperoleh sebanyak 70 perusahaan. Adapun metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui Likuiditas (Current ratio) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA). Pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) dan struktur asset tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA). Hasil uji simultan ada pengaruh positif dan signifikan antara likuiditas, pertumbuhan perusahaan dan struktur asset terhadap profitabuilitas (ROA). Sebesar 8,1% profitabilitas (ROA) dapat dijelaskan oleh likuiditas, pertumbuhan perusahaan dan struktur asset. Sedangkan sisanya 91,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar model.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:48
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:48
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17674

      Actions (login required)

      View Item