UDiNus Repository

PENGUKURAN KINERJA SEBAGAI TOLOK UKUR DILIHAT DARI LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN PERHITUNGAN RASIO KEUANGAN ( STUDI PADA PT. INDOSAT TBK DAN PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK 2010-2013)

LUSIANA, NINGTIAS SURYO (2015) PENGUKURAN KINERJA SEBAGAI TOLOK UKUR DILIHAT DARI LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN PERHITUNGAN RASIO KEUANGAN ( STUDI PADA PT. INDOSAT TBK DAN PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK 2010-2013). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (633Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Kinerja keuangan merupakan hasil yang telah dicapai perusahaan dalam mengelola aset perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan terhadap kinerja keuangan perusahaan PT. Indosat Tbk dan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Data pada penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa ringkasan laporan keuangan pada ICMD dan laporan keuangan perusahaan untuk tahun 2013 yang didapatkan dari BEI. Populasi penelitian ini adalah delapan perusahaan telekomunikasi yang ada di Indonesia selama tahun 2010-2013. Jumlah sampel yang digunakan adalah dua perusahaan telekomunikasi PT. Indosat Tbk dan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk yang didapat melalui metode judgment sampling. Alat analisis yang digunakan adalah independent t test. Hasil analisis menunjukkan bahwa rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas antara PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan PT. Indosat Tbk berbeda, PT. Telkom lebih baik dalam membayar kewajiban jangka pendek, PT. Telkom Tbk lebih baik dinilai dari segi modal perusahaan mampu menjamin utang yang diberikan oleh kreditur, PT. Telkom lebih baik dinilai dari segi keuntungan penjualan yang diperoleh perusahaan. Dinilai dari rasio aktivitas antara PT. Indosat Tbk dan PT. Telkom Tbk berbeda dalam hal perputaran aset tetap dan perputaran total aset, PT. Telkom Tbk lebih baik dinilai dari penggunaan kapasitas aset tetap dan kemampuan perusahaan dalam mengelola aset, sedangkan untuk perputaran kas dan perputaran persediaan antara PT. Indosat Tbk dan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk mempunyai kesamaan, dalam hal ketersediaan kas untuk membayar tagihan dan perputaran persediaan yang lambat. Dinilai seluruh rasio dengan menggunakan uji beda bahwa PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk dan PT. Indosat mempunyai kesamaan dalam kinerja keuangan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:48
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:48
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17682

      Actions (login required)

      View Item