UDiNus Repository

PENGAPLIKASIAN JOB ORDER COSTING DALAM PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN AKURASI INFORMASI LABA PADA MAKMUR MEUBEL

PRADANA, PAMEKAS HARYU (2015) PENGAPLIKASIAN JOB ORDER COSTING DALAM PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN AKURASI INFORMASI LABA PADA MAKMUR MEUBEL. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (278Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      perusahaan Makmur Meubel merupakan perusahaan yang mep[roduksi meubelsesuai spesifikasi pesanan. seperti perusahaan yang memproduksi meubel, kayu merupakan bahan yang sangat penting bagi perusahaan. mengingat harga kayu yang sering berubah-ubah membuat penentuan haraga pokok produksi perlu perhitungan yang tepat. penerapan perhitungan harga pokok persanan (job order costing) mampu meningkatkan akurasi penentuan harga pokok produksi. berdasarkan latar belakang tersebaut maka tujuan dari penelitian ini adalah melakukan evaluasi penerapan metode job order costing agar tercapainya akurasi laba. penelitian ini melakukan evaluasi terhadap biaya produksi yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik. berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, perhitungan biaya bahan baku berasal dari harga bahan baku dikalikan dengan jumlah pemakaian bahanbaku tanpa menambahkan biaya angkut dan biaya potong. perhitungan biaya tenagta kerja yang dilakukan perusahaan adalah dengan mengalikan jumlah hari kerja dengan upah yang diberikan perharinya, sedangkan tenaga kerja masih mendapat jatah makan dan jatah rokok yang dapat diuangkan. perusahaan belum mengenal biaya overhead, sehingga segala biaya yang dikeluarkan perusahaan diluar biaya tenaga kerja dan biaya bahan baku dimasukan dalam biaya lain-lain. dari hasil evaluasi didapatkan bahwa perusahaan sebaiknya menerapkan metode job order costing agar harga pokok produksi dapat ditentukan dengan tepat. mengingat biaya-biaya yang dikeluarkan berbeda-beda setiap pesanan. biaya angkut dan biaya potong seharusnya ditambahkan pada biaya bahan baku. biaya tenaga kerja seharusnya ditambahkan dengan jatah makan dan jatah rokok.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:48
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:48
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17685

      Actions (login required)

      View Item