UDiNus Repository

PENGGUNAAN MODEL ZMIJEWSKI, SPRINGATE, ALTMAN Z-SCORE DAN GROVER DALAM MEMPREDIKSI KEPAILITAN PADA PERUSAHAAN TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

ENNY, PUSPITA WAHYU (2015) PENGGUNAAN MODEL ZMIJEWSKI, SPRINGATE, ALTMAN Z-SCORE DAN GROVER DALAM MEMPREDIKSI KEPAILITAN PADA PERUSAHAAN TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (353Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model prediksi financial distress yang paling cocok digunakan dalam penerapannya pada perusahaan transportasi di Indonesia. Penelitian ini membandingkan empat model prediksi financial distress, yaitu model Zmijewski, Springate, Altman Z-score dan Grover. Perbandingan dilakukan dengan menganalisis tingkat akurasi tiap-tiap model. Data yang digunakan berupa laporan keuangan tahunan yang telah dipublikasikan oleh perusahaan di website Indonesian Stock Exchange. Sampel yang digunakan adalah perusahaan transportasi yang terdaftar di BEI selama tahun 2009-2013. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan total sampel yang didapat sebanyak 66 perusahaan. Kriteria yang harus dipenuhi dalam purposive sampling yaitu perusahaan menerbitkan laporan keuangan tahunan dengan lengkap pada periode 2009-2013 dan data harga saham tersedia pada tanggal perdagangan terakhir di tahun bersangkutan. Hasil penelitian diketahui bahwa model altmant z-score merupakan model prediksi dengan tingkat akurasi yang tinggi yaitu sebesar 50.00% tetapi model altman z-score juga memiliki tingkat nilai kesalahan paling tinggi yaitu 22.73%. Selanjutnya model springate dan grover yang memiliki nilai tingkat akurasi yang sama yaitu 33.33% tetapi memiliki tingkat nilai kesalahan yang berbeda, model springate memiliki tingkat kesalahan sebesar 12.12% dan grover 18.18%, sedangkan zmijewski memiliki tingkat akurasi 27.27% dan tingkat eror sebesar 15.15%. Maka dari itu model prediksi yang akurat untuk perusahaan jasa transportasi di Indonesia adalah model springate, karena model springate memiliki tingkat akurasi terbaik setelah altman z-score dan memiliki tingkat error yang paling rendah.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:48
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:48
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17704

      Actions (login required)

      View Item