UDiNus Repository

PENGARUH PENYULUHAN LEPTOSPIROSIS TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN PRAKTIK MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN LEPTOSPIROSIS DI KELURAHAN KUNINGAN KOTA SEMARANG TAHUN 2014

YUNINDA, KARUNIA FAJAR (2015) PENGARUH PENYULUHAN LEPTOSPIROSIS TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN PRAKTIK MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN LEPTOSPIROSIS DI KELURAHAN KUNINGAN KOTA SEMARANG TAHUN 2014. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (311Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Leptospirosis adalah penyakit infeksi akut yang dapat menyerang manusia maupun hewan (zoonosis) Penyakit ini disebabkan oleh Leptospira. Penyuluhan kesehatan tentang Leptospirosis merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menambah pengetahuan seseorang tentang Leptospirosis dengan tujuan mengubah atau mempengaruhi perilaku manusia dalam pencegahan leptospirosis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penyuluhan leptospirosis terhadap tingkat pengetahuan dan praktik masyarakat dalam pencegahan leptospirosis di kelurahan Kuningan kota Semarang tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan menggunakan rancangan one group pretest-postest design yang dilakukan pada 44 orang responden. Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan 59,1% warga berpengetahuan kurang pada saat pre-test dan hanya 11,4% yang baik. Satu minggu Setelah penyuluhan 90,9% warga berpengetahuan baik. dua minggu setelah penyuluhan 95,5% warga berpengetahuan baik. Pre-test praktik menunjukkan 38.6% praktik warga kurang dan hanya 31.8% yang baik. Satu minggu setelah penyuluhan 52.3% Praktik warga baik. dua minggu setelah penyuluhan 95.5% Praktik warga baik. Dengan uji Wilcoxon, diperoleh nilai p-value sebesar 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa penyuluhan leptospirosis berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan dan praktik masyarakat dalam pencegahan Leptospirosis di kelurahan Kuningan kota Semarang tahun 2014. Bagi masyarakat agar dapat lebih aktif dalam mengikuti program Promosi Kesehatan oleh pemerintah, setelah mengikuti kegiatan terkait promosi kesehatan masyarakat, diharapkan masyarakat dapat hidup lebih sehat sehingga angka kejadian penyakit dapat menurun.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:54
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:54
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17768

      Actions (login required)

      View Item