UDiNus Repository

ANALISA KUANTITATIF DAN KUALITATIF KELENGKAPAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP PASIEN BEDAH DI RUMAH SAKIT PERMATA MEDIKA SEMARANG PERIODE TAHUN 2013

ZULAIDA, ISTIFAIYAH ANUM (2015) ANALISA KUANTITATIF DAN KUALITATIF KELENGKAPAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP PASIEN BEDAH DI RUMAH SAKIT PERMATA MEDIKA SEMARANG PERIODE TAHUN 2013. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (382Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      ABSTRAK Diketahui dari pengambilan sampel 10 berkas DRM pasien bedah rawat inap dilihat dari analisa kualitatif terdapat 3 yaitu review kelengkapan dan kekonsestensian diagnose 20% tidak lengkap, review kekonsistensian pencatatan diagnose 100% lengkap, dan review adanya informed consent 100% lengkap. Berdasarkan analisa kuantitatif terdapat 4 review yaitu review identifikasi 85%, review auntentifikasi 70%, review pencatatan 73%, review pelaporan 74% yang tidak lengkap. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode observasi dan pendekatan cross sectional. Objek penelitian adalah formulir rawat inap saat penelitian berlangsung. Sampelnya diambil menggunakan metode random sampling berjumlah 100 DRM. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa analisa kuantitatif meliputi review identifikasi pada lembar RM 5 (64%), review autentifikasi pada lembar RM 14 (62%), review pencatatan pada lembar RM 14 (72%), review pelaporan pada RM 6b (79%) yang tidak lengkap. Sedangkan analisa kualitatif meliputi review kelengkapan dan kekonsistensian diagnosapada lembar RM 1 dan 14 (27%), review kekonsistensian pencatatan diagnosis pada lembar RM 5 dan 7 (19%), review adanya informed consent yang seharusnya ada pada lembar RM 19 (2%). Berdasarkan analisa kuantitatif dan kualitatif dari 100 DRM maka didapatkan hasil Delinquent Medical Record (DMR) sebanyak 96%. Disarankan kepada petugas rekam medis untuk membuat catatan kecil sebagai alat pengendali dokumen rekam medis yang belum lengkap. Memperbaiki isi protap terkait anailisa kelengkapan yang ditujukan kepada bagian rawat inap.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:54
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:54
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17771

      Actions (login required)

      View Item