UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL DENGAN PRAKTIK PEMBERIAN IMUNISASI PADA BALITA DI PUSKESMAS BANGETAYU KOTA SEMARANG TAHUN 2016

HIKMAH, ARDHIYANA (2016) HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL DENGAN PRAKTIK PEMBERIAN IMUNISASI PADA BALITA DI PUSKESMAS BANGETAYU KOTA SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kota Semarang dan dari Puskesmas Bangetayu 2015, cakupan imunisasi di wilayah Bangetayu masih tergolong rendah. Dari survey awal yang dilakukan terhadap 20 ibu yang memiliki balita usia 1-5 tahun diperoleh faktor seperti tingkat pendidikan ibu yang masih rendah karena 34,4% ibu berpendidikan SLTA, 60,0% Ibu bekerja, dan 60,0% pendapatan keluarga masih tergolong kurang. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara faktor tingkat pendidikan, pekerjaan, pendapatan keluarga dengan praktik pemberian imunisasi di Puskesmas Bangetayu. Penelitian ini menggunakan metode explanatory survey dengan rancangan desain case control study. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data primer maupun sekunder diolah dan dianalisis dengan menggunakan uji statistic chi-square. Sampel 70 responden, kasus 35 dan kontrol 35. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan keluarga dengan praktik pemberian imunisasi pada balita di Puskesmas Bangetayu. Dari hasil uji statistik diperoleh nilai OR yaitu tingkat pendidikan 5,062, pekerjaan 3,341 dan tingkat pendapatan keluarga 6,000. Sebaiknya Puskesmas menghimbau bagi ibu yang bekerja dapat menyempatkan atau meluangkan waktunya, agar ibu mempunyai waktu untuk memberikan imunisasi dasar secara lengkap dan memberikan imunisasi tambahan. Perlu diadakan program edukasi bagi ibu yang berpendidikan rendah.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 14:30
    Last Modified: 22 Mar 2016 14:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17912

    Actions (login required)

    View Item