UDiNus Repository

KESIAPAN PETANI SALAK DALAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI DESA KALIURIP KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2016

PUTRI, PRATIWI DESHYANA (2016) KESIAPAN PETANI SALAK DALAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI DESA KALIURIP KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Petani salak merupakan pekerja sektor informal dimana mereka dan keluarganya mempunyai kerentanan terkena suatu penyakit baik saat bekerja atau setelah bekerja sehingga memerlukan Jaminan Kesehatan Nasional dan memberikan pelayanan kesehatan jangka panjang. Dari hasil survey awal yang dilakukan pada 10 orang petani salak, semua tidak memiliki Jaminan Kesehatan,semua mampu namun semua tidak mau Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kesiapan pekerja sektor informal (petani salak) dalam membayar jaminan kesehatan nasional (JKN) di Desa Kaliurip Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara 2016. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah total populasi petani salak di Desa Kaliurip sejumlah 60 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar petani salak mempunyai persepsi kerentanan terhadap penyakit cukup baik (55%), mempunyai niat untuk bergabung dalam Jaminan Kesehatan Nasional cukup baik (73,3%), mempunyai ATP ( Ability to Pay) atau kemampuan untuk membayar Jaminan Kesehatan Nasional Rp 100.000-199.000 20%, namun kemauan membayar (WTP) premi JKN hanya Rp 15.500 sebanyak 75%. Diperlukan KIE ( Komunikasi, informasi, dan edukasi ) bahwa BPJS memberikan manfaat jangka panjang melalui kelompok petani salak dengan bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan untuk meningkatkan kemauan petani salak.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 14:30
    Last Modified: 22 Mar 2016 14:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17917

    Actions (login required)

    View Item