UDiNus Repository

ANALISIS SISTEM PROTEKSI AKTIF DAN PASIF DALAM PENCEGAHAN BENCANA KEBAKARAN DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG TAHUN 2016

ROSTRIVIA, RINDA OCTA (2016) ANALISIS SISTEM PROTEKSI AKTIF DAN PASIF DALAM PENCEGAHAN BENCANA KEBAKARAN DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Berkaitan dengan bahaya kebakaran ini, bangunan-bangunan tertentu harus lebih baik sistem proteksinya. Beberapa pertimbangan proteksi kebakaran ini diantaranya adalah berkaitan dengan aktivitas yang dilakukan dibangunan atau gedung tertentu. Universitas Dian Nuswantoro adalah salah satu perguruan tinggi swasta bertingkat, gedung Udinus adalah gedung yang terintergrasi dengan tingkat kebakaran sedang dengan banyaknya stop kontak yang rusak, skat antar ruang yang menggunakan dinding partisi (dinding semi permanen) dan banyaknya komputer yang digunakan terus menerus karena Angka klasifikasi ini harus dipertimbangkan sebagai hunian bahaya sedang, dimana kuantitas dan kandungan bahan mudah terbakarnya sedang dan tinggi tumpukan bahan mudah terbakarnya tidak melebihi dari 3,7 m. Kebakaran dalam tingkat klasifikasi ini dapat diperkirakan berkembang sedang dan mempunyai nilai pelepasan panas yang sedang. Sistem proteksi di Udinus yang lengkap hanya di gedung H sedangkan gedung-gedung lain seperti gedung A,B,C,D,F hanya terdapat APAR, gedung E dan G terdapat APAR, detektor asap, dan alarm. Metode :metode yang digunakan adalah penelitian ini bersifat Kualitatif dengan menggunakan pendekatan observasional dan wawancara mendalam, tentang sistem proteksi aktif dan pasif di Universitas Dian Nuswantoro. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengelola gedung Universitas Dian Nuswantoro. Penelitian ini menggunakan analisis tematik. Hasil :Sistem Proteksi Aktif di Universitas Dian Nuswantoro belum terpenuhi secara lengkap menurut peraturan Mentri Pekerjaan Umum No.26/PRT/M/2008 tentang persyaratan teknis sistem proteksi kebakaran pada bangunan gedung dan lingkungan. Karena gedung lama masih menggunakan APAR untuk memadamkan api dan sistem penyelamatan jiwa masih ada pintu yang tertutup dan jalur evakuasi yang terhalangmeja,kursi dan benda-benda lain. Saran : saran yang diberikan yaitu memperbaiki sistim proteksi aktif dan pasif yang sesuai dengan kepmen PU No.26/PRT/M/2008.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 14:30
    Last Modified: 22 Mar 2016 14:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17925

    Actions (login required)

    View Item