UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN SUBJEKTIF PERNAFASAN PADA PEKERJA DI INDUSTRI PENGASAPAN IKAN KECAMATAN UNGARAN TIMUR TAHUN 2016

EKA, PUTRI NOVIA (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN SUBJEKTIF PERNAFASAN PADA PEKERJA DI INDUSTRI PENGASAPAN IKAN KECAMATAN UNGARAN TIMUR TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pengasapan ikan merupakan teknologi yang telah diterapkan secara turun-temurun sebagai terobosan untuk mengawetkan ikan. Adanya proses pembakaran kayu di pengasapan ikan Kecamatan Ungaran Timur beresiko terjadinya pencemaran udara lingkungan. Tujuan penelitian adalah menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan subjektif pernafasan pada pekerja industri pengasapan ikan Kecamatan Ungaran Timur. Jenis penelitian adalah survei analitik.Sampel sebanyak 32 pekerja.Analisis data adalah univariat dan bivariat. Analisis bivariat adalah rank spearman, pearson product moment.Instrumen penelitian adalah spektrofotometer air sampler dan high volume air sampler. Hasil penelitian kualitas udara di pengasapan Kecamatan Ungaran Timur di menunjukkan bahwa kadar gas pencemar udara dan debu TSP di bawah baku mutu udara. Kadar unsur pencemar udara di pengasapan Beji lebih tinggi dibanding pengasapan Kalisari. Hasil penelitian keluhan subjektif pernafasan diperoleh 90% responden pernah batuk saat bekerja, 88% responden pernah batuk saat libur kerja, 85% pernah sesak nafas saat bekerja, 10% responden pernah sesak nafas saat libur kerja, 60% responden pernah nyeri dada saat bekerja, 10% responden pernah nyeri dada saat libur kerja, 81% responden pernah pilek saat bekerja. Ada hubungan antara unsur pencemar udara dengan keluhan subjektif pernafasan. Ada hubungan antara pemakaian APD masker dengan keluhan subjektif pernafasan pada pekerja di pengasapan ikan Kecamatan Ungaran Timur. Tidak ada hubungan antara umur, masa kerja dan lama kerja dengan keluhan subjektif pernafasan pada pekerja di pengasapan ikan kecamatan ungaran timur. Kepada pihak industri pengasapan ikan disarankan menyediakan APD maskerdan memberikan edukasi pentingnya memakai APD masker.Menyediakan tabung oksigen dan pelatihan P3K untuk pekerja.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 14:30
    Last Modified: 22 Mar 2016 14:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17928

    Actions (login required)

    View Item