UDiNus Repository

ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPSIAGAAN PETUGAS KEAMANAN KAMPUS DALAM MENGHADAPI BENCANA KEBAKARAN DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG TAHUN 2016

ADINI, MUSLIMAH NUR (2016) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPSIAGAAN PETUGAS KEAMANAN KAMPUS DALAM MENGHADAPI BENCANA KEBAKARAN DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Gedung bertingkat memiliki risiko untuk terjadinya sebuah bencana, salah satunya adalah bencana kebakaran. Satuan Pengamanan (Satpam) adalah salah satu pihak yang terkait didalam usaha penyelamatan diri jika terjadi kebakaran pada suatu gedung. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan desain cross sectional. Data primer dan data sekunder diolah dan dianalisis dengan menggunakan uji statistik Chi Square dengan uji alternatif Fisher Exact. Sampel yang digunakan yaitu dari seluruh jumlah populasi yaitu terdiri dari 29 petugas keamanan. Variabel yang diteliti antara lain dukungan manajemen, persepsi ketersediaan sarana prasarana, pelatihan, pengetahuan, pengalaman dan kesiapsiagaan.. Hasil penelitian menunjukan jumlah responden laki-laki sebanyak 22 orang dan perempuan 7 orang. Mayoritas pendidikan terakhir yaitu SMA (89.7%). Usia responden yang berusia kurang dari 40 tahun sebanyak 59% Tidak ada hubungan antara dukungan manajemen dengan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana kekaran (p value 1.000). Tidak ada hubungan antara sarana prasarana dengan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana kebakaran (p value 1.000). Tidak ada hubungan antara pelatihan dengan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana kebakaran (p value 0.683). Ada hubungan antara pengetahuan dengan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana kebakaran (p value 0.27). Tidak ada hubungan antara pengalaman dengan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana kebakaran (p value 1.000). Disarankan kepada pihak instansi sebagai pihak terkait Universitas Dian Nuswantoro agar melengkapi fasilitas yang terkait dengan kesiapsiagaan tanggap darurat dalam menghadapi bencana kebanaran seperti Hydrant, detector asap, alarm kebakaran dan arah atau petunjuk arah jalur evakuasi.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 14:30
    Last Modified: 22 Mar 2016 14:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17932

    Actions (login required)

    View Item