UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI KUNJUNGAN ULANG PASIEN UMUM DARI LUAR WILAYAH DI BAGIAN BP UMUM PUSKESMAS SRONDOL SEMARANG TAHUN 2016

SETIANA, KURNIASARI (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI KUNJUNGAN ULANG PASIEN UMUM DARI LUAR WILAYAH DI BAGIAN BP UMUM PUSKESMAS SRONDOL SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Jumlah kunjungan ulang pasien dari luar wilayah di Balai Pengobatan Umum Puskesmas tahun 2015 yaitu 111 pasien dan terus meningkat dalam 3 bulan terakhir di akhir tahun 2015. Minat pasien dalam berkunjung ulang dipengaruhi oleh faktor mutu pelayanan, fasilitas dan informasi mengenai sarana yankes. Tujuan penelitian adalah menggambarkan faktor-faktor yang melatar belakangi kunjungan ulang pasien umum dari luar wilayah di BP Umum Puskesmas Srondol Semarang tahun 2015. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah 7 Pasien umum dari luar wilayah yang berkunjung ulang di BP Umum, dengan Informan crosscheck yaitu Kepala Puskesmas, dokter di BP Umum, petugas di loket pendaftaran serta keluarga pasien. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar subjek penelitian menilai pelayanan petugas di loket pendaftaran maupun dokter di BP Umum sudah baik dalam ketepatan waktu dan ketelitian dalam memeriksa pasien (Kehandalan), cekatan dan tanggap melayani pasien (Kecekatan dan ketanggapan), petugas loket maupun dokter sangat ramah dan pengobatan yang diberikan dokter dapat cepat menyembuhkan penyakit pasien (Jaminan pelayanan), petugas loket dan dokter bersikap penuh perhatian dalam merespon keluhan pasien (Empati), ruang tunggu bersih dan fasilitas alat pemeriksaan lengkap serta penampilan petugas loket maupun dokter rapi (Bukti langsung), dan seluruh subjek penelitian menyatakan bahwa akses perjalanan mudah dan biaya berobat gratis (Akses). Namun, terdapat sebagian kecil subjek penelitian menilai bahwa dokter kurang telitisaatmemeriksapasien, keramahan petugas loket kurang dan kebersihan di kamar mandi kurang. Puskesmas diharapkan meningkatkan mutu pelayanan terhadap pasien dengan melakukan evaluasi melalui survei kepuasan pasien serta perlunya pelatihan customer service bagi petugas di loket pendaftaran secara periodik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 14:30
    Last Modified: 22 Mar 2016 14:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17933

    Actions (login required)

    View Item