UDiNus Repository

Pengaruh Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survey terhadap Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Barat)

NONIK, HASTANTI FARADILA (2016) Pengaruh Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survey terhadap Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Barat). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3933b) | Preview

    Abstract

    Kepatuhan wajib pajak adalah suatu pemenuhan kewajiban perpajakan yang dilakukan oleh wajib pajak. Langkah yang dilakukan DJP guna meningkatkan kepatuhan wajib pajak adalah melakukan perbaikan administrasi perpajakan. Tujuan penelitian ini untuk menguji secara empiris pengaruh sistem administrasi perpajakan modern yang meliputi struktur organisasi, kualitas layanan, fasilitas layanan dengan teknologi informasi, dan kode etik terhadap kepatuhan wajib pajak. Populasi penelitian yaitu 85 petugas pajak di KPP Pratama Semarang Barat. Sampel yang diambil sebanyak 46 orang yang bertugas di bagian pelayanan, ekstensifikasi dan penyuluhan, penagihan, pengolahan data dan informasi, umum dan kepatuhan internal, pengawasan dan konsultasi, pemeriksaan, dan fungsional pemeriksa. Penelitian ini menggunakan Cluster Sampling sebagai teknik pengambilan sampel dan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan kualitas layanan secara signifikan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Struktur organisasi, fasilitas layanan dengan teknologi informasi, dan kode etik secara signifikan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Dengan demikian, modernisasi kualitas layanan mampu meningkatkan kepatuhan wajib pajak, dan untuk struktur organisasi, fasilitas layanan dengan teknologi informasi serta kode etik, belum sepenuhnya dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:07
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18028

    Actions (login required)

    View Item