UDiNus Repository

Analisis Penentuan HPP (Harga Pokok Produksi) Mebel dengan Metode Full Costing dalam Pencapaian Laba Perusahaan di CV. Rajawali Perkasa Furniture Juwana

MAGDALENA, D APRILIA (2016) Analisis Penentuan HPP (Harga Pokok Produksi) Mebel dengan Metode Full Costing dalam Pencapaian Laba Perusahaan di CV. Rajawali Perkasa Furniture Juwana. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3716b) | Preview

    Abstract

    Penentuan harga pokok produksi merupakan suatu hal yang sampai sekarang mendominasi pembahasan akuntansi pada perusahaan karena penentuan harga tersebut akan mempengaruhi penghitungan laba perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi meubel di CV Rajawali Perkasa Furniture Juwana dengan metode full costing serta mengetahui pencapaian target laba perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder pada bulan September 2015 yang diperoleh dari perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi perusahaan lebih tinggi dibanding dengan metode full costing. Terdapat selisih Rp 152.652,98 untuk produk kursi, dan selisih Rp 74.793,96 untuk produk meja. Perbedaan harga pokok produksi tersebut disebabkan karena perusahaan memasukkan biaya administrasi umum ke dalam perhitungan harga pokok produksi. Selisih harga tersebut berpengaruh juga pada capaian laba perusahaan, diperoleh bahwa produk kursi lebih memungkinkan untuk memenuhi target laba perusahaan dibandingkan dari capaian laba untuk produk meja.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:07
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18029

    Actions (login required)

    View Item