UDiNus Repository

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Pratama Semarang Barat)

MIRSA, BUDIARTI (2016) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Pratama Semarang Barat). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3792b) | Preview

    Abstract

    Pajak sangat penting sebagai pemasok dana bagi anggaran negara. Perolehan dana dari pajak merupakan jumlah mayoritas atau dominan sebagai sumber penerimaan negara. Namun sayangnya masih banyak wajib pajak tidak patuh dalam hal perpajakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku individu, motivasi dan iklim organisasi terhadap kepatuhan pajak di KPP Pratama Semarang Barat. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pajak serta memberikan saran kepada fiskus untuk lebih meningkatkan pelayanannya guna meningkatkan kepatuhan pajak wajib pajak.Populasi penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang ada di KPP Pratama Semarang Barat. Berasarkan data dari KPP Pratama Semarang Barat hingga tahun 2015 terdapat 68.301 wajib pajak orang pribadi. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling method dengan jumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku individu, motivasi dan iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan pajak di KPP Semarang Barat.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18035

    Actions (login required)

    View Item