UDiNus Repository

Pengaruh Company Size, ROA, DPR, DTA, PBV, serta Struktur Kepemilikan terhadap Income Smoothing pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010 - 2014

LIDWINA, VALENSIA DIAN (2016) Pengaruh Company Size, ROA, DPR, DTA, PBV, serta Struktur Kepemilikan terhadap Income Smoothing pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010 - 2014. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3886b) | Preview

    Abstract

    Perataan laba adalah tindakan yang dilakukan oleh manajemen untuk memindahkan pendapatan dari periode yang tinggi pendapatannya ke periode yang kurang menguntungkan, dengan cara memperkecil fluktuasi laba dari tahun ke tahun agar laba yang dilaporkan selalu terlihat stabil. Perilaku ini dimotivasi oleh adanya perilaku manajemen dan investor yang lebih menyukai perusahaan dengan laba stabil, karena laba yang stabil menunjukkan kinerja perusahaan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, ROA, DPR, DTA, PBV serta struktur kepemilikan terhadap tindakan perataan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2010 sampai 2014. Sampel yang digunakan sebanyak 50 observasi dengan periode penelitian 5 tahun. Indeks eckel digunakan untuk menentukan perusahaan yang melakukan dan tidak melakukan tindakan perataan laba. Pengujian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi logistik dengan alat analisis yaitu aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa company size, return on assets, dividend payout ratio, debt to total assets, price per book value ratio, serta struktur kepemilikan tidak berpengaruh terhadap tindakan peratan laba.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18041

    Actions (login required)

    View Item