UDiNus Repository

Analisis Pengelolaan Piutang dengan Menggunakan Receivable Turnover dan Average Collection Period pada PT. Morindo Masindo, Semarang

MARIA, MUSICA PASKABIBLIA (2016) Analisis Pengelolaan Piutang dengan Menggunakan Receivable Turnover dan Average Collection Period pada PT. Morindo Masindo, Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3928b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan piutang dengan menggunakan receivable turnover, average collection period, dan menganalisis persentase rasio tunggakan (piutang tak tertagih) pada pt.mprindo masindo semarang tahun 2012-2014. Jenis data penelitian ini terdiri dari data subyek yang diperoleh informasi dengan melakukan wawancara dan dokumenter dalam bentuk laporan program. Sumber data penelitian ini meliputi data primer berupa informasi dari narasumber dan sekunder berupa laporan historis untuk diolah datanya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan metode survei yakni dengan melakukan komunikasi berupa wawancara dan melakukan metode observasi yakni penulis hanya mengamati kegiatan narasumber. Metode analisis data dengan menggunakan receivable turnover, average collection period, dan rasio tunggakan (piutang tak tertagih). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa receivable turnover angka nya kecil, sehingga pengelolaan piutangnya kurang baik serta kurang efektif. Average collection period dari tahun ke tahun angkanya semakin besar, yang menandakan pengelolaan piutang kurang efisien, dan persentase rasio tunggakan (piutang tak tertagih) mengalami peningkatan dimana tahun 2012-2013 pengelolaan piutang masih terkontrol dengan baik sedangkan di tahun 2014 pengelolaan piutang tidak baik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18052

    Actions (login required)

    View Item