UDiNus Repository

Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan dengan Pendekatan ROI DAN EVA pada PT. Indosat Tbk, PT. Bakrie Telecom Tbk, dan PT. Smartfren Tbk periode tahun 2011-2014

ADELIA, WIDYANINGRUM ARTA (2016) Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan dengan Pendekatan ROI DAN EVA pada PT. Indosat Tbk, PT. Bakrie Telecom Tbk, dan PT. Smartfren Tbk periode tahun 2011-2014. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pengukuran kinerja keuangan perusahaan, baik untuk manajemen perusahaan, investor, pemerintah maupun masyarakat yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji perbedaan kinerja keuangan perusahaan telekomunikasi berdasarkan metode perhitungan Economic Value Added (EVA) maupun Return on Investment (ROI), dimana kedua metode tersebut banyak dipergunakan karena kemampuannya memperhitungkan kinerja perolehan laba dari penggunaan investasi yang dilakukan oleh perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan telekomunikasi, dimana berdasarkan metode puroposive sampling dalam pengambilan sampelnya telah ditentukan sampel sebanyak tiga perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Untuk menguji ada tidaknya perbedaan kinerja keuangan dari perusahaan yang diteliti dipergunakan metode uji perbedaan Mann-Whitney. Hasil dari penelitian membuktikan terdapat perbedaan hasil dalam menguji perbedaan keuangan antara metode EVA dan ROI. Berdasarkan metode ROI, terbukti bahwa terdapat perbedaan kinerja keuangan yang signifikan antar masing-masing perusahaan. Sementara berdasarkan metode EVA, PT. Bakrie Telecom, tbk dianggap tidak memiliki perbedaan kinerja keuangan dibandingkan perusahaan yang lain sehingga hanya perbedaan EVA antara PT. Indosat, tbk dan PT. Smartfren, tbk yang terbukti memiliki perbedaan kinerja keuangan yang signifikan. Penelitian ini juga membuktikan penggunaan EVA dalam mengukur kinerja keuangan lebih baik dari penggunaan ROI.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18057

    Actions (login required)

    View Item