UDiNus Repository

Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 - 2014

NILA, BUTSAINATI (2016) Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 - 2014. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara intellectual capital terhadap kinerja keuangan perusahaan, dengan menggunakan ROE sebagai indikatornya..Dengan menggunakan 51 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012-2014, yang diukur dengan menggunakan efisiensi dari tiga komponen yaitu : human capital efficiency (HCE), capital empploye efficiency (CEE), dan structural capital efficiency (SCE).Untuk mengetahui peranan modal intellectual dalam mendukung kinerja keuangan perusahaan yang digunakan dalam pengujian statistik. Uji statistic yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, autokorelasi, analisis koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Pengujian hipoitesis menggunakan uji t dan uji F dengan < 0,05. Memperoleh hasil analisis ini diolah dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persamaan regresi linier berganda Y = 0,040 - 0,001 X1 + 0,095 X2 + 0,037 X3 + e.HCE, CEE, dan SCE secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis capital empployee efficiency berpengaruh terhadap kinerja keuangan, sedangkan human capital efficiency, dan structural capital efficiency tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Koefisien determinasi sebesar 49,20%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh factor-faktor lain seperti seperti rasio hutang, pembagian dividen, arus kas operasi, dan lain-lain.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18126

    Actions (login required)

    View Item