UDiNus Repository

Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Kualitas Audit Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013)

MUHAMAD, MAULANA DIMAS (2016) Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Kualitas Audit Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3941b) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari struktur kepemilikan dan kualitas audit yang secara parsial terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2013. Variabel independen yang digunakan adalah struktur kepemilikan yang terdiri dari kepemilikan institusi, kepemilikan manajerial dan kualitas audit yang terdiri dari ukuran KAP dan independensi auditor. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 28 perusahaan yang dikalikan dengan tahun penelitian menjadi 84 perusahaan secara acak. Data yang di analisis adalah data sekunder yang didapat dari Bursa Efek Indonesia. Metode analisis dalam penelitian ini adalah dengan Analisis Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Uji F, Uji Hipotesis, dan Uji koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemilikan institusi tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba dengan nilai signifikansi 0,286 dimana nilai signifikansi > 0,05. Kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan positif terhadap manajemen laba dengan nilai signifikansi sebesar 0,019 dimana nilai signifikansi < 0,05. Ukuran KAP tidak berpengaruh terhadap manajemen laba dengan nilai signifikansi sebesar 0,233 dimana nilai signifikansi > 0,05. Dan independensi auditor berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba dengan nilai signifikansi 0,000 dimana nilai signifikansi < 0,05.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18134

    Actions (login required)

    View Item