UDiNus Repository

ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI ALAT BANTU PERENCANAAN LABA PADA PRODUK TAHU BAXO (STUDI KASUS PADA UMKM TAHU BAXO IBU PUDJI DI UNGARAN)

ULFA, CHOIRUNNILA (2016) ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI ALAT BANTU PERENCANAAN LABA PADA PRODUK TAHU BAXO (STUDI KASUS PADA UMKM TAHU BAXO IBU PUDJI DI UNGARAN). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3734b) | Preview

    Abstract

    UMKM Tahu Baxo Ibu Pudji adalah salah satu usaha yang bergerak di bidang industri makanan, berdiri sejak tahun 1995. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar break even point dan jumlah margin pengaman yang dialami dan dicapai oleh UMKM Tahu Baxo Ibu Pudji pada tahun 2014. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Data yang dianalisa dalam penelitian ini yaitu laporan produksi/non produksi UMKM, harga produk, volume penjualan, biaya actual baik operasional maupun non operasional. Hasil penelitian dalam analisis break even point pada UMKM Tahu Baxo Ibu Pudji sudah mampu mengoptimalkan kinerjanya sehingga sudah memperoleh penjualan di atas break even point, yang berarti UMKM mampu untuk mencapai keuntungan disetiap tahunnya. Sebaiknya pada perhitungan penyusutan di UMKM Tahu Baxo Ibu Pudji menggunakan aturan yang sesuai dengan standar akuntansi sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 96/PMK.03/2009.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18135

    Actions (login required)

    View Item