CARIN, TYAS ANGGUN (2016) MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM MELATIH KEJUJURAN DAN TANGGUNGJAWAB MELALUI MEDIA GAME EDUKASI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Untuk menjadikan Indonesia yang lebih maju diperlukan revitalisasi dan penguatan karakter SDM mengingat berbagai macam bentuk kenakalan remaja pada era sekarang. Salah satu aspeknya yaitu menanamkan pendidikan karakter untuk melatih kejujuran dan tanggungjawab. Menciptakan suasana kejujuran dimana bisa mempertanggungjawabkan akan mendapat tempat berupa penghargaan, dan pelanggaran mendapat hukuman yang setimpal dan sewajarnya. Sekolah dasar menjadi wadah utama dalam pembentukan karakter yang dapat meminimalisasi tindakan yang tidak baik, sehingga nantinya akan lahir generasi yang tumbuh berkembang dengan karakter yang baik mampu membanggakan diri sendiri, keluarga, lingkungan bahkan bangsa dan negara. Dengan demikian penanaman pendidikan karakter kejujuran dan tanggungjawab harus diterapkan sedini mungkin serta berlanjut terus dari masa ke masa. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu 5W+1H (what, who, where, when, why, how). Hasil akhir dari perancangan ini atas kerjasama penulis dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang berupa game android yang ber-genre adventure dengan grafis pixelart 3D yang berjudul 'PEJUANG CILIK' sebagai media utama dari sosialisasi menanamkan pendidikan karakter anak dalam melatih kejujuran dan tanggungjawab kepada anak-anak sekolah dasar kelas I-VI yang sangat bermanfaat di masa yang akan datang nanti dengan lahirnya generasi menghormati kejujuran dan bertanggungjawab. Game sebagai media sosialisasi ini membuat anak-anak terlibat langsung dan mengingat pesan kejujuran dan tanggungjawab ketika memainkannya.
Actions (login required)