PRADITYA, HARISTA WAHYU (2016) perancangan game edukasi untuk meningkatkan kemampuan berhitung matematika bagi anak kelas 2 SD. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Indonesia merupakan negara yang setiap 5 tahun mengalami revisi kurikulum dan 10 tahun mengganti kurikulum lama. Kurikulum yang digunakan sekarang KTSP 2006. Menurut peraturan pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan Bab 1 Pasal 1 ayat (15) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan penyempurna dari kurikulum 2004 (KBK). KBK adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing masing satuan pendidikan atau sekolah. Dewasa ini, perkembangan ilmu matematika masih jauh tertinggal dari negara negara lain. Berdasarkan survei PISA yang dilakukan oleh OECD tahun 2009 yang menunjukkan bahwa standar mata pelajaran matematika di Indonesia adalah 375 sedangkan standar mata pelajaran matematika di dunia adalah 494. Data tersebut membuktikan bahwa rata rata mata pelajaran di Indonesia sangat lah kecil. Indonesia menduduki peringkat 64 dari 65 negara yang terdaftar oleh OECD. Oleh karena itu Indonesia sangatlah tertinggal dari negara-negara lainnya khususnya di Asia. Untuk mengurangi ketertinggalan maka dibuatlah perancangan game edukasi. Game edukasi bertujuan sebagai alat peraga atau media alternatif untuk meningkatkan kemampuan berhitung. Pendekatan perancangan ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi secara langsung kepada target audience untuk mengetahui permasalahan utama yang menjadi dasar mengapa anak cepat bosan ketika guru mengajarkan matematika. Dari hasil penelitian diperoleh alat peraga atau media aternatif berupa game edukasi berbasis android.
Actions (login required)