UDiNus Repository

Analisis Tata Kelola Optimalisasi Sumber Daya Sistem Informasi Manajemen Jembatan Timbang (EDM04) Berdasarkan Kerangka Kerja COBIT 5 pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah

YUDISTIRA, HASTITI DIAN (2016) Analisis Tata Kelola Optimalisasi Sumber Daya Sistem Informasi Manajemen Jembatan Timbang (EDM04) Berdasarkan Kerangka Kerja COBIT 5 pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img] PDF
Download (616Kb)

    Abstract

    Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Provinsi Jawa tengah sebagai perumus dan pelaksana kebijakan teknis, fasilitator, dan evaluator terkait penyelengaraan kegiatan penimbangan kendaraan bermotor melalui 16 jembatan timbang yang tersebar di wilayah provinsi jawa tengah telah mengimplementasikan sebuah sistem yang dipergunakan untuk kemudahan dalam menimbang kendaraan dengan mendata setiap kendaraan pada suatu sistem yang disebut Sistem Informasi Manajemen Jembatan Timbang (SIM JT). Masalah yang ditemukan saat ini yaitu, melihat padatnya antrian panjang kendaraan yang akan ditimbang disebabkan karena SIM JT yang belum memiliki database identitas kendaraan dan tidak dapat terpantau secara real time yang terjadi saat local server dalam keadaan down. Berdasarkan hal tersebut Dinhubkominfo berupaya mengoptimalkan kinerja SIM JT baik dari segi sumber daya manajemen manusia, TI, serta keuangan untuk meminimalkan kesalahan serta meningkatkan efektifitas pelayanan. Dari hasil studi dokumen, wawancara, dan kuesioner berdasarkan COBIT 5 menghasilkan tingkat kapabilitas tata kelola proses optimalisasi sumber daya (EDM04) pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah saat ini berada di level 3 dengan status pencapaian Largely Achieved sebesar 80,18% setara dengan 3,80 dimana level 0, 1, dan 2 mencapai status Fully Achieved. Hal ini menunjukan telah mengelola dengan baik proses optimalisasi sumber daya dan diimplementasikan untuk mendukung pengerjaan proses standar dan efektif. Untuk mencapai tingkat target, Dinhubkominfo dapat melakukan strategi perbaikan dengan memperhatikan secara bertahap dari proses atribut level 1 sampai 4.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:14
    Last Modified: 11 Aug 2016 14:16
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18201

    Actions (login required)

    View Item