UDiNus Repository

SELF ASSESSMENT SISTEM PELAYANAN PERIJINAN SATU PINTU BERDASARKAN FRAMEWORK COBIT 5 PADA BADAN PELAYANAN PERIJINAN TERPADU KOTA SEMARANG

AZIZ, NUGROHO ADI (2016) SELF ASSESSMENT SISTEM PELAYANAN PERIJINAN SATU PINTU BERDASARKAN FRAMEWORK COBIT 5 PADA BADAN PELAYANAN PERIJINAN TERPADU KOTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (545Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (13Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF
        Download (220Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF
          Download (148Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF
            Download (150Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF
              Download (149Kb) | Preview
                [img]
                Preview
                PDF
                Download (198Kb) | Preview
                  [img]
                  Preview
                  PDF
                  Download (120Kb) | Preview
                    [img]
                    Preview
                    PDF
                    Download (473Kb) | Preview
                      [img]
                      Preview
                      PDF
                      Download (94Kb) | Preview
                        [img]
                        Preview
                        PDF
                        Download (114Kb) | Preview

                          Abstract

                          BPPT Kota Semarang telah memanfaatkan teknologi informasi dengan menerapkan Sistem Pelayanan Perijinan Satu Pintu dalam melayani perihal permohonan perijinan. Berdasarkan penelitian sebelumnya, masih ditemukan masalah pada atribut sumber daya manusia terkait pelayanan perijinan. Untuk itu diperlukan analisis tata kelola TI terkait dengan atribut sumber daya manusia untuk mengetahui apakah penerapan TI telah berjalan sesuai dengan tujuan organisasi. Dengan adanya penelitian ini, dapat diketahui tingkat kapabilitas serta strategi perbaikan yang dapat digunakan BPPT Kota Semarang sebagai referensi untuk meningkatkan pengelolaan sumber daya manusia terkait TI agar lebih baik. Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen, kuesioner, dan wawancara kemudian dianalisis tingkat kapabilitas dan kesenjangan berdasarkan COBIT 5. Hasil dari penelitian tersebut, tingkat kapabilitas tata kelola TI terkait pengelolaan sumber daya manusia (APO07) pada BPPT Kota Semarang saat ini berada pada tingkat 2 (managed) dimana pengkomunikasian mengenai perencanaan dari performa pengelolaan sumber daya manusia terkait sistem pelayanan perijinan satu pintu belum sepenuhnya dikelola dengan baik. Untuk mencapai tingkat kapabilitas 3, maka perlu dilakukan secara bertahap strategi perbaikan dari proses atribut level 1 sampai 3.

                          Item Type: Article
                          Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
                          Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
                          Depositing User: Psi Udinus
                          Date Deposited: 22 Mar 2016 15:15
                          Last Modified: 22 Mar 2016 15:15
                          URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18212

                          Actions (login required)

                          View Item