ALI, MUHYIDDIN (2016) SISTEM PAKAR DIAGNOSA LEVEL PENYAKIT ASMA MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (3732b) | Preview | |
| PDF Download (394Kb) | Preview | |
| PDF Download (92Kb) | Preview | |
| PDF Download (58Kb) | Preview | |
| PDF Download (29Kb) | Preview | |
| PDF Download (45Kb) | Preview | |
| PDF Download (64Kb) | Preview | |
| PDF Download (42Kb) | Preview | |
| PDF Download (164Kb) | Preview | |
| PDF Download (517Kb) | Preview | |
| PDF Download (312Kb) | Preview | |
| PDF Download (117Kb) | Preview |
Abstract
Sistem pakar adalah suatu sistem yang dirancang untuk dapat menirukan keahlian seorang pakar dalam menjawab pertanyaan dan memecahkan suatu masalah. Sistem pakar sering dimanfaatkan dalam dunia komputer salah satu contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah pada mesin cuci. Penyakit asma merupakan salah satu penyakit yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diagnosa penyakit asma sering dilakukan untuk mengetahui tingkat atau level penyakit asma. Dalam penelitian sistem pakar diagnosa level penyakit asma, penulis menyelesaikan kasus dengan menggunakan metode fuzzy logic Tsukamoto. Proses diagnosa dilakukan dengan cara melakukan input gejala-gejala pada penderita asma, gejala yang digunakan sebagai input adalah sesak napas, mengi, kesadaran, dan tingkat berbicara. Hasil dari proses tersebut berupa tingkat level asma yang diderita oleh seseorang yaitu berupa ringan, sedang, dan berat. Setelah proses penelitian selesai, penulis melakukan pengujian akurasi sistem dengan cara membandingkan hasil diagnosa dokter dengan hasil diagnosa sistem. Dari data tersebut diperoleh tingkat akurasi sistem sebesar 72%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 15:15 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 15:15 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18267 |
Actions (login required)
View Item |