UDiNus Repository

MEMPREDIKSI PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC METODE TSUKAMOTO PADA UD. BANALY FOOD PEMALANG, JAWA TENGAH

ADNAN, MAULANA FRITZDO (2016) MEMPREDIKSI PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC METODE TSUKAMOTO PADA UD. BANALY FOOD PEMALANG, JAWA TENGAH. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3933b) | Preview

    Abstract

    Mendapatkan keuntungan adalah tujuan dari setiap perusahaan, begitu juga dengan UD Banaly Food yang merupakan usaha dagang yang memproduksi olahan ikan sebagai produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memprediksi jumlah produksi yang sesuai dengan jumlah permintaan, persediaan dan juga biaya produksi. Menentukan jumlah produksi yang tepat dapat meminimalisir kerugian karena produksi yang berlebih atau produksi terlalu banyak. Penentuan jumlah produksi ini menggunakan logika fuzzy yaitu Metode Tsukamoto. Dengan menggunakan data produksi yang sudah ada sebagai data. Data ini sebagai data input yang akan diolah dengan Metode Tsukamoto menjadi output berupa jumlah yang akan diproduksi. Dari data bulan Februari 2014 sampai dengan Februari 2015 menjadi data uji untuk mencari besar tingkat akurasinya. Dari data uji tersebut dicari jumlah yang akan diproduksi bulan Februari 2015 menggunakan sistem. Hasil dari 169 data dari semua varian yang diuji mendapatkan 128 data yang sesuai dengan data asli. Dengan menggunakan single decision threshold (one feature) dicari nilai akurasinya dan mendapat akurasi yaitu sebesar 75,75739644 %.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:16
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:16
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18316

    Actions (login required)

    View Item