AMIR, WIRAWAN (2016) PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT UNTUK MENGKAMPANYEKAN LARANGAN MENGENDARAI KENDARAAN BERMOTOR PADA ANAK DIBAWAH UMUR. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Pengendara di bawah umur di kota Semarang yang dikhawatirkan akan mengakibatkan dampak yang kurang baik misalkan saja kecelakaan dan lain-lain. Jumlah pengendara motor di bawah meningkat setiap tahunnya karena tindakan tersebut dianggap wajar. Perkembangan zaman memang mempengaruhi tingkah laku remaja saat ini. Semakin banyak fenomena kenakalan yang terjadi di Indonesia yang menyebabkan peneliti tertarik untuk mengetahui sebab tindakan atau perilaku pengendara motor di bawah umur yang semakin bebas di kalangan masyarakat. Pada perancangan media komunikasi visual ini metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan metode pengumpulan data. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis framing sebagai alat penetapan strategi pemasaran, strategi media dan strategi kreatif. Pada perancangan ini memberikan suatu konsep larangan mengendarai sepeda motor untuk anak di bawah umur. Oleh karena itu dirasa perlu membuat Perancangan Iklan Sosial Untuk meningkatkan kesadaran larangan mengendarai sepeda motor untuk anak di bawah umur dengan menggunakan media yang mudah dijangkau dan dipahami masyarakat seperti video iklan, billboard, poster, x-banner, t-shirt, stiker, dan pin untuk membantu meningkatkan kesadaran orang tua untuk melarang anak yang dibawah umur mengendarai sepeda motor sehingga pesan yang terdapat dalam perancangan dapat tersampaikan kepada khalayak.
Actions (login required)