ALFIAN, YUDIANANTA CHANDRA (2016) REKAYASA MOBILE GIS RUTE BUS RAPID TRANSIT SEMARANG BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA FLOYD WARSHALL. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Transportasi sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Terutama di Ibu Kota Provinsi seperti Kota Semarang ini, transportasi menjadi hal yang sangat krusial. Pentingnya sarana transportasi memunculkan berbagai ide untuk mempermudah penggunaan moda transportasi. Diantaranya dengan membuat sistem bus berbasis transit, terobosan ojek online, taxi online dan masih banyak lagi. Kota Semarang berkembang menjadi kota metropolitan, bertambahnya pusat perbelanjaan, semakin banyaknya objek wisata ditambah dengan sarana transportasi yang makin banyak. Salah satu terobosan kota Semarang adalah dengan mendirikan Bus Rapid Trans Semarang (BRT). Dengan adanya BRT membantu masyarakat kota Semarang lebih terbantu karena bertambahnya pilihan moda transportasi. BRT menawarkan perpindahan koridor gratis dan menggunakan tarif jauh dekat yang sama. Halte BRT sudah tersebar diberbagai penjuru Kota Semarang bahkan sudah menjangkau area Kabupaten Semarang. Mobile GIS merupakan salah satu bentuk pemanfaatan ilmu informatika untuk mempermudah pemanfaatan moda transportasi. Beberapa pengembang perangkat lunak sudah banyak menciptakan aplikasi berdasarkan dasar ilmu Geographic Information System (GIS) untuk memberikan kemudahan bagi pengguna sarana transportasi. Mobile GIS sendiri merupakan pengembangan dari GIS berbasis Web, dimana dengan mobile GIS pengembang dapat membuat perangkat lunak penunjuk rute perjalanan dengan berbasis GPS dan LBS. Dengan memanfaatkan GPS dan LBS perangkat lunak dapat di desain untuk menemukan posisi pengguna dan memberikan petunjuk arah ke tempat yang akan dituju dengan pilihan rute tercepat. Floyd Warshall merupakan salah satu algoritma yang digunakan untuk menentukan jarak terpendek dari suatu rute yang telah ditentukan sebelumnya. Floyd Warshall berjalan berdasarkan pemrograman dinamis dengan mempertimbangkan setiap keputusan menjadi sebuah bobot. Sehingga keputusan yang diambil algoritma ini dalam menentukan jarak terdekat lebih optimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 15:18 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 15:18 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18472 |
Actions (login required)
View Item |