SANDY, PAKSI EKA (2016) MENINGKATKAN PENJUALAN SOFTWARE DZONE KARAOKE MELALUI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Teknologi dalam bidang hiburan telah banyak diterapkan. Salah satu teknologi yang diterapkan berupa software. Diantara sekian banyak software untuk kepentingan hiburan, terdapat software milik Dzone Karaoke yang digunakan untuk kebutuhan bisnis tempat karaoke maupun penggunaan secara personal. Dzone Karaoke menyediakan berbagai versi aplikasi: Home Standard, Home Pro, Hall, dan Home Bisnis. Perancang menemukan kompetisi pasar yang tinggi antarprodusen software karaoke dari segi fitur produk yang ditawarkan hingga jangkauan wilayah promosi dan minat customer masing-masing pesaingnya. Sementara itu kurangnya promosi pada software Dzone Karaoke turut mempengaruhi menurunnya tingkat penjualan produk dan omzet perbulannya. Untuk dapat bersaing dan meningkatkan promosi software Dzone Karaoke, perancang menggunakan metode penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian. Hal ini dilakukan karena perancang membutuhkan informasi lebih mendalam tentang Dzone Karaoke yang bergerak dalam bidang software developer/software host. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dengan pihak Dzone Karaoke dan didapatkan hasil analisa data SWOT. Dari hasil pengolahan data SWOT, perancang mendapatkan kesimpulan dua media yang akan digunakan. Yaitu media utama berupa media presentasi interaktif dan booklet serta media pendukung berupa X-Banner, kartu nama, dan souvenir. Media utama diharapkan dapat menunjang promosi kepada calon customer secara langsung. Sedangkan media pendukung ditujukan sebagai media promosi tak langsung. Media promosi yang perancang buat diharapkan dapat meningkatkan nilai penjualan software Dzone Karaoke.
Actions (login required)