MIFTAKHUN, NIAM (2016) Perancangan Game "Noriceman" sebagai Media Informasi Diversifikasi Pangan dan Gizi. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan karakteristik tanaman yang beragam dan memiliki potensi untuk di kembangkan keberagaman produksi pangan yang mengacu pada konteks ketahanan pangan nasional yang di fokuskan pada jenis pangan lokal yang mengandung karbohidrat. Dalam ketersediaan pangan, Jawa Tengah memiliki potensi dalam keberagaman pangan yang tidak hanya bersumber pada pangan pokok beras, yaitu ketela, jagung, ubi jalar, ubi talas, ubi ungu dan ubi suweg. Pangan lokal selain beras mempunyai potensi dalam penganekaragaman pangan dan gizi. Salah satunya yaitu dapat di olah menjadi menu makanan yang inovatif. Namun masyarakat belum memanfaatkan pangan lokal tersebut secara penuh. Perancangan game "Noriceman" dimaksudkan sebagai media pengenalan pangan lokal kepada masyarakat. Hal ini dikarenakan media yang sudah ada hanya bersifat satu arah dan kurang interaktif. Data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan kajian pustaka sehingga mampu memperoleh segala informasi yang berhubungan dengan permasalahan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah 5W+1H. Dengan perkembangan teknologi saat ini, pengenalan tentang pangan lokal dapat tersampaikan dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan game berbasis android akan mampu menjangkau kalangan luas, khususnya remaja 14-25 tahun.
Actions (login required)