UDiNus Repository

ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN ALGORITMA APRIORI PADA INDOMARET INDRAPRASTA SEMARANG

SHONA, BILQISTH CHAYY (2016) ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN ALGORITMA APRIORI PADA INDOMARET INDRAPRASTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (612Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (103Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF
        Download (318Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF
          Download (206Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF
            Download (222Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF
              Download (278Kb) | Preview
                [img]
                Preview
                PDF
                Download (221Kb) | Preview
                  [img]
                  Preview
                  PDF
                  Download (187Kb) | Preview
                    [img]
                    Preview
                    PDF
                    Download (626Kb) | Preview
                      [img]
                      Preview
                      PDF
                      Download (268Kb) | Preview
                        [img]
                        Preview
                        PDF
                        Download (149Kb) | Preview

                          Abstract

                          Data mining adalah disiplin ilmu yang mempelajari sebuah teknik dari pola, statistik, database untuk menggali informasi yang berguna dan berharga. Suatu Swalayan Indomaret pasti mempunyai data transaksi penjualan. Data transaksi penjualan ini seringkali diperlakukan hanya sebagai rekaman tanpa pengolahan lebih lanjut sehingga tidak mempunyai nilai guna lebih, dari data transaksi penjualan dapat diketahui informasi yaitu mengetahui pola pembelian konsumen dengan teknik aturan asosiasi menggunakan metode algoritma apriori. Penelitian ini memanfaatkan data primer yang masih baru yaitu data transaksi penjualan dari bulan September sampai Oktober tahun 2015. Hasil yang didapat dari pengolahan data transaksi penjualan berupa itemset dengan penerapan konsep analisis asosiasi mining diketahui nilai support pada tiap item,kombinasi item, nilai confidence dalam pembentukan frequent itemset. Maka, diketahui barang yang paling banyak dibeli secara bersamaan oleh konsumen indomaret yaitu jika membeli mie instan maka membeli air mineral dengan nilai confidence 77%, jika membeli rokok maka membeli air mineral dengan nilai confidence 60%, jika membeli air mineral maka membeli rokok dengan nilai confidence 27%, dan jika membeli air mineral maka membeli mie instan dengan nilai confidence 20%. Informasi ini sangat berguna bagi pihak pengelola indomaret untuk menyusun strategi dengan menambah persediaan barang dan menyusun tata letak barang secara berdekatan.

                          Item Type: Article
                          Subjects: T Technology > Teknik Informatika
                          Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
                          Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
                          Depositing User: Psi Udinus
                          Date Deposited: 22 Sep 2016 13:18
                          Last Modified: 22 Sep 2016 13:18
                          URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18740

                          Actions (login required)

                          View Item