UDiNus Repository

ANALISIS TATA KELOLA PROSES MONITORING OPERASIONAL TI (DSS01) BERDASARKAN FRAMEWORK COBIT 5 PADA PT. SUARA MERDEKA PRESS SEMARANG

ALIF, BUDI SETYO (2016) ANALISIS TATA KELOLA PROSES MONITORING OPERASIONAL TI (DSS01) BERDASARKAN FRAMEWORK COBIT 5 PADA PT. SUARA MERDEKA PRESS SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Poin terpenting yang menjadi permasalahan penelitian adalah proses monitoring operasional TI. Berdasarkan dengan pengamatan terkait dengan proses monitoring operasional TI, ditemukan adanya masalah mengenai proses monitoring yang dilakukan oleh bagian Teknologi Informatika (TI) dimana proses monitoring masih kurang efektif dan menghambat kelancaran proses bisnis pada perusahaan. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya monitoring secara real time dan seringnya sistem mengalami server down. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan sebuah kegiatan analisis tata kelola TI terkait proses monitoring operasional TI dalam upaya untuk meningkatkan kualitas proses bisnis yang ada pada PT. Suara Merdeka Press semarang. Dengan adanya pengukuran kinerja ini nantinya dapat menghasilkan temuan dan rekomendasi yang dapat digunakan PT. Suara Merdeka Press Semarang sebagai referensi untuk meningkatkan pengelolaan TI terkait dengan proses monitoring operasional TI, agar kedepannya dapat mendukung tujuan bisnis organisasi menjadi lebih baik. Dari hasil studi dokumen, wawancara dan kuisioner berdasarkan COBIT 5 dihasikan level kapabilitas tata kelola proses monitoring operasional TI (DSS01) pada PT. Suara Merdeka Press Semarang saat ini adalah 2 yaitu Managed dengan status Largely Achieved sebesar 73,64% atau setara dengan 2,74 yang berarti bahwa proses monitoring operasional TI yang diimplementasikan belum sepenuhnya dikelola dengan baik. Untuk mencapai level kapabilitas 3, PT. Suara Merdeka Press Semarang dapat melakukan strategi perbaikan yang dilakukan secara bertahap dari proses atribut level 1 samai dengan 3.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:18
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:18
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18752

    Actions (login required)

    View Item