UDiNus Repository

ANALISIS KEAMANAN INFORMASI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMASI KOTA PEKALONGAN MENGGUNAKAN DOMAIN DSS07 (MANAGE INFORMATION SECURITY) PADA FRAMEWORK COBIT 5

MUHAMMAD, SUBKHAN (2016) ANALISIS KEAMANAN INFORMASI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMASI KOTA PEKALONGAN MENGGUNAKAN DOMAIN DSS07 (MANAGE INFORMATION SECURITY) PADA FRAMEWORK COBIT 5. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Pekalongan salah satu tujuannya menjamin keamanan informasi organisasi pemerintah kota Pekalongan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan masih terjadi kehilangan data informasi karena proses back-up data tidak dilakukan secara berkala dan juga kehilangan informasi yang disebabkan virus atau malware. Maka diperlukan analisis tata kelola TI terkait proses pengelolaan keamanan informasi yang berguna untuk meningkatkan keamanan informasi organisasi. Hasil analisa tata kelola akan menghasilkan temuan dan strategi perbaikan yang dapat digunakan organisasi sebagai rujukan untuk meningkatkan pengelolaan TI dalam aspek keamanan informasi agar dapat mendukung tujuan organisasi dengan baik. Dari permasalahan tersebut maka akan dilakukan analisa menggunakan metode COBIT 5 domain DSS07 dengan mengumpulkan informasi pendukung melalui studi dokumen, wawancara, kuisioner. Proses selanjutnya akan dilakukan analisa untuk mengetahui nilai tingkat kapabilitas proses. Hasil analisa nilai tingkat kapabilitas proses diperoleh hasil yaitu 77,18% atau sebanding dengan 2,89 dengan status Largely Achieved, yang berati level kapabilitas proses saat ini ada pada level 2 dimana panduan dan prosedur dari pengelolaan keamanan informasi masih belum sepenuhnya dikelola dengan baik. Untuk mencapai level kapabilitas proses 3. Diskominfo dapat melakukan strategi perbaikan yang dilakukan secara bertahap pada proses atribut level 1 hingga level 3.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:19
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:19
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18763

    Actions (login required)

    View Item