DEVINA, RAHMAWATI IDZNI (2016) PERANCANGAN GAME SEBAGAI UPAYA SOSIALISASI PERILAKU HIDUP SEHAT DENGAN MENGKONSUMSI AIR PUTIH SETIAP HARI PADA REMAJA USIA 10-18 TAHUN DI KOTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Tubuh manusia memiliki sel-sel yang mempunyai konsentrasi air 60% dari total berat badan manusia. Rata-rata manusia akan kehilangan 2.5 liter cairan per harinya. Sehingga konsumsi air 8-10 gelas (1gelas atau 240 ml) dibutuhkan dalam pemenuhan kebutuhan cairan perharinya. Remaja saat ini mempunyai banyak aktivitas dalam kesehariannya, sehingga mereka tidak memperhatikan pola hidup sehat mereka. Faktor kehidupan sosial juga turut mempengaruhi pola pikir mereka. Remaja saat ini lebih suka memilih style - style yang terkadang berlawanan dengan kesehatan mereka, trend kesehatan yang simple namun sangat berpengaruh besar, seperti minum air putih kini mulai di tinggalkan oleh remaja saat ini. Melalui perancangan game Wira Tirta, remaja usia 10-18 tahun di Kota Semarang diajak merubah pola hidup dan sehat, dengan mengkonsumsi air putih setiap hari. Pendekatan perancangan menggunakan metode campuran dengan analisis framming. Data diperolah melalui wawancara, penyebaran angket, dan observasi secara langsung di beberapa sekolah di Kota Semarang. Dengan menggunakan game berbasis android mengajak remaja untuk merubah pola hidup sehat dengan mengkonsumsi air putih setiap hari.
Actions (login required)