UDiNus Repository

PENINGKATAN NILAI INFORMATIF DATA DEMOGRAFI MELALUI REPRESENTASI DATA BERBASIS PETA DAN GRAFIK (STUDI KASUS PADA DISPENDUKCAPIL KOTA SEMARANG)

AFIYAH, (2016) PENINGKATAN NILAI INFORMATIF DATA DEMOGRAFI MELALUI REPRESENTASI DATA BERBASIS PETA DAN GRAFIK (STUDI KASUS PADA DISPENDUKCAPIL KOTA SEMARANG). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3919b) | Preview

    Abstract

    Penduduk merupakan aspek penting dalam proses pembangunan, namun masalah-masalah demografi yang ada menjadi masalah penting yang harus diatasi oleh pemerintah termasuk pemerintahan di Kota Semarang. Dispendukcapil Kota Semarang dan dinas terkait dalam hal ini perlu menentukan strategi dan upaya-upaya dalam mengatasi masalah demografi di Kota Semarang. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan melakukan pemetaan data-data demografi yang kemudian disajikan dalam bentuk peta dan grafik pada sebuah dashboard, sehingga akan diperoleh data yang informatif yang dapat digunakan dalam melakukan identifikasi dan analisis dari masalah kependudukan. Perancangan dashboard dilakukan dengan teknik pemetaan Choropleth Map dan metode equal interval sebagai metode dalam klasifikasi data demografi. Data demografi yang dihasilkan terdiri dari angka kepadatan penduduk, angka kelahiran, angka kematian, angka migrasi masuk, angka migrasi keluar dan laju pertumbuhan penduduk. Diharapkan dashboard yang telah dibangun dapat dimanfaatkan untuk menyediakan data yang informatif serta membantu dalam proses pengambilan keputusan guna mengatasi masalah kependudukan di Kota Semarang.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:20
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:20
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18824

    Actions (login required)

    View Item