UDiNus Repository

INVENTORY MANAGEMENT BERBASIS MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA GLORY STATIONERY

ERFINA, WIJAYA CHRISTY (2016) INVENTORY MANAGEMENT BERBASIS MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA GLORY STATIONERY. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3589b) | Preview

    Abstract

    Banyaknya persaingan dalam usaha stationery, menuntut Glory Stationery untuk memperbaiki strategi bisnis. Adanya masalah seperti kurangnya manajemen stok yang baik mengakibatkan kekecewaan dari pelanggan karena barang yang dicari tidak ada sehingga pelanggan akan beralih ke toko lain dan mengakibatkan kerugian bagi Glory Stationery. Untuk mengatasi masalah manajemen stok tersebut, pihak toko memilih strategi bisnis yaitu memperbaiki stok yang ada agar mencapai optimal stock. Optimal stock dilakukan dengan menganalisis pola belanja konsumen berdasarkan data transaksi pada database penjualan. Analisa pola belanja (Market Basket Analysis) pada penelitian ini menggunakan algoritma apriori dengan minimum support 40% dan minimum confidence 70%. Hasil dari penelitian ini berupa informasi mengenai persentase barang yang dibeli secara bersama-sama berdasarkan analisis data transaksi penjualan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:20
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:20
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18841

    Actions (login required)

    View Item