LUKMAN, PRAYID`TO BUDI (2016) Perancangan media promosi `Jateng Fair 2016` untuk meningkatkan Minat pengunjung. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Jateng Fair merupakan event tahunan Jawa Tengah yang di selenggarakan di PT.PRPP Semarang, event ini menampilkan pameran UMKM, pameran keragaman budaya,komoditas ekonomi, potensi reksreasi dan berbagai macam keunikan lainnya di jawa tengah. Tapi dengan segala keunikannya masih belum menarik minat dan antusias pengunjung terbukti transaksi 2 tahun terakhir menurun hal ini disebabkan, kurangnya inovasi pada event dan juga pemilihan konten dan media promosi yang kurang tepat merupakan faktor yang mempengaruhi antusias masyarakat dan efisiensi kegiatan promosi. Untuk itu dibutuhkan perancangan media promosi jateng fair 2016 untuk meningkatkan minat pengunjung. Dalam proses penelitian, penulis menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara dengan pihak penyelenggara event dan penyebaran angket eksistensi media promosi kepada masyarakat dan diolah serta di analisis menggunakan analisis SWOT untuk memecahkan permasalahan, menentukan strategi kreatif dan marketing yang tepat sebagai sarana untuk merancang media promosi jateng fair 2016. Dari analisis yang dilakukan maka dipilih spanduk sebagai media utama karena dianggap mampu untuk menjangkau semua target sasaran. Terdapat juga beberapa media pendukung yang digunakan diantaranya billboard,brosur,flyer,x-banner,sosial media dan beberapa merchandise seperti gantungan kunci,kaos, dan juga sticker. Dalam promosi event jateng fair 2016 akan mengusung tema Jateng Responsif, Kompetitif, Dan Inofatif, dengan pendekatan visual penggabungan unsur desain futuristic dan tradisional.Melalui perancangan media promosi ini diharap dapat meningkatkan minat pengunjung baik Kota Semarang maupun luar Kota.
Actions (login required)