ADYAKSA, MAJID (2016) Menumbuhkan Minat Menabung Pada Anak Usia Dini Melalui Perancangan Game Edukasi. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Menabung merupakan kegiatan menyisihkan sebagian uang, Membiasakan menabung pada anak sejak dini menjadi penting karena ini merupakan pembentukan karakter dan juga sebagai kelangsungan hidup selanjutnya. Oleh karena itu adanya media baru sangat dibutuhkan karena dapat membantu anak untuk lebih mudah mengerti tentang manfaat menabung. Tujuan game ini yaitu menumbuhkan minat menabung untuk masa depan. Melalui penelitian dengan metode kualitatif yang dilakukan ditemukan bahwa masalah yang paling mendasar adalah banyaknya anak yang lebih suka menghabiskan uang jajan dari pada menabungkan sisa uang sakunya, bahkan beberapa di antara mereka masih meminta uang lagi untuk membeli mainan. Perancangan game tidak hanya sebagai hiburan, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan informasi dan pendidikan. Pemain di dalam permainan menjadi bagian dari sebuah cerita, sehingga akan memancing konsentrasi player untuk masuk dan mendalami permainan dalam game. Game mobile berbasis Android yang banyak di minati oleh semua kalangan dan di anggap lebih praktis menjadi pilihan dalam perancangan ini. Berdasarkan teori dan penelitian, game dengan genre puzzle dapat memberikan exposure yang tinggi pada permainan makanan minuman cemilan dengan harga yang bervariasi sebagai media utama untuk anak dapat belajar mengontrol menggunakan uang sakunya. Penggambaran karakter pun disederhanakan dan disesuaikan dengan gaya yang popular untuk anak-anak saat ini.
Actions (login required)