UDiNus Repository

Perancangan Komunikasi Visual Menggunakan Game sebagai Pendukung dalam Pelestarian Budaya Jawa bagi Anak – Anak Usia 9 – 12 Tahun Di Kota Semarang

AKWILA, NURSANTI (2016) Perancangan Komunikasi Visual Menggunakan Game sebagai Pendukung dalam Pelestarian Budaya Jawa bagi Anak – Anak Usia 9 – 12 Tahun Di Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas. Wilayah geografisnya begitu luas dan beragam sehingga Indonesia memiliki berbagai macam budaya yang melimpah dan beraneka ragam. Keberagaman budaya tersebut dapat terlihat dari setiap provinsi di Indonesia yang memiliki ciri khas budaya masing – masing. Salah satu diantaranya adalah budaya jawa. Seiring berjalannya waktu keberlangsungan budaya jawa di Jawa Tengah semakin terancam keberadaannya. Berbagai macam ancaman yang muncul mulai dari modernisasi, globalisasi, dan kemajuan tekhnolohi yang semakin berkembang pesat. Dan patut disayangkan dengan banyaknya kemajuan yang terjadi justru sebagian besar anak – anak terbawa arus pengaruh budaya asing dan melupakan budaya warisan nenek moyangnya. Upaya pelestarian Budaya Jawa sudah dimasukkan dalam buku pelajaran, akan tetapi metode buku sebgai media pengenalan dan pelestarian kurang mempunyai daya tarik tersendiri bagi anak – anak karena buku membutuhkan minat baca yang tinggi, terlalu banyak tulisan, sedikit gambar, dan cenderung membuat anak cepat jenuh dalam membacanya. Berdasarkan hal tersebut, perancangan ini bertujuan untuk membuat alternative media pengenalan dan pelestarian budaya jawa yang mendidik dan menghibur. Game ”JAWAWI” menjadi hasil akhir dari perancangan ini, bergenre 2D action yang memiliki tujuan untuk mengenalkan sebagai upaya pelestarian budaya jawa.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:21
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:21
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18929

    Actions (login required)

    View Item