UDiNus Repository

FAKTOR YANG MELATAR BELAKANGI BIDAN PRAKTEK MANDIRI TIDAK MENGIKUTI PROGRAM BPJS DI KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA TAHUN 2016

FANDO, RIFQI AINUR (2016) FAKTOR YANG MELATAR BELAKANGI BIDAN PRAKTEK MANDIRI TIDAK MENGIKUTI PROGRAM BPJS DI KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pelayanan kebidanan dan neonatal pada program BPJS melibatkan fasilitas kesehatan tingkat pertama dan bidan praktek mandiri (BPM) sebagai jejaringnya. Berdasarkan kondisi di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara jumlah bidan di Kecamatan Kedung sebanyak 38 bidan praktek mandiri, dari jumlah ini masih terdapat 18 bidan yang tidak bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Tujuan untuk Mengetahui Faktor yang Melatar belakangi Bidan Praktek Mandiri Tidak Mengikuti Program BPJS Kesehatan di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara tahun 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bermaksud menggali informasi mendalam mengenai faktor yang melatar belakangi bidan praktek mandiri tidak mengikuti program BPJS di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Dengan metode menggunakan studi kasus kepada 8 Bidan Praktek Mandiri yang tidak mengikuti BPJS, subjek penelitian dipilih secara purposive dan informan crosscheck adalah petugas BPJS, pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dan kepala Puskesmas. Hasil penelitian adalah, untuk karakteristik sebagian besar bidan berumur >40 tahun, dan sebagian besar berpendidikan D-IV kebidanan. Untuk pengetahuan subjek penelitian sudah mengerti tentang BPJS secara umum dan khusus yaitu BPJS sebagai badan penyelenggara JKN dan bidan sebagai pelaksana pelayanan kebidanan dan neonatal. Dan prosedur kerjasama subjek penelitian mempunyai kecenderungan bidan praktek mandiri yang tidak mengikuti program BPJS dikarenakan proses administrasi yang berbelit, proses klaim yang lama dan berbelit, dan besaran pembayaran klaim yang kurang. BPJS Kesehatan wajib menjamin kemudahan proses kerjasama dengan dokter keluarga. Memudahkan proses kerjasama antara dokter dengan bidan melalui sistem administrasi yang sederhana dan mencakup semua pelayanan kebidanan. Menghindari keterlambatan klaim tagihan yang telah dilaporkan oleh Bidan Praktek Mandiri.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:21
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:21
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19065

    Actions (login required)

    View Item