UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA BEBERAPA FAKTOR DENGAN KEIKUTSERTAAN BPJS KESEHATAN PADA PEKERJA KELOMPOK TANI SEKTOR INFORMAL PROFESI PETANI DI DESA CABEAN KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK

DIAH, WULANDHARI LISTIYA (2016) HUBUNGAN ANTARA BEBERAPA FAKTOR DENGAN KEIKUTSERTAAN BPJS KESEHATAN PADA PEKERJA KELOMPOK TANI SEKTOR INFORMAL PROFESI PETANI DI DESA CABEAN KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Faktor yang mempengaruhi keikutsertaan BPJS pada pekerja sektor informal profesi petani di Desa Cabean Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak BPJS merupakan peleburan dari berbagai asuransi kesehatan milik badan usaha milik negara. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keikutsertaan BPJS Kesehatan para pekerja sektor informal profesi petani diantaranya adalah usia, tingkat pendidikan dan pengetahuan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktor yang mempengaruhi keikutsertaan BPJS pada pekerja sektor informal profesi petani di Desa Cabean Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus secara wawancara mendalam. Yaitu penelitian yang menggambarkan keikutsertaan BPJS Kesehatan pada sektor informal petani di Desa Cabean Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 petani di Desa Cabean Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Hasil penelitian menujukan bahwa para informan berminat dan ingin berpartisipasi dalam program JKN BPJS Kesehatan. Keikutsertaan para petani pada faktor pendidikan minat dan partisipasi informan terhadap program JKN BPJS Kesehatan tinggi karena hampir seluruh informan menjawab mereka berminat dan berpartisipasi. Keikutsertaan para petani pada faktor usia mengungkapkan bahwa informan tidak memiliki penyakit, apabila informan sakit, mayoritas informan akan pergi ke puskesmas dan sebagian kecil pergi ke bidan desa. Pada faktor pengetahuan menunjukan bahwa seluruh informan semuanya sudah tahu tentang program BPJS, mengetahui tentang perbedaan program Jamkesmas dengan JKN BPJS Kesehatan, mengetahui tentang pembayaran iuran tiap bulan. Masyarakat perlu memanfaatkan program BPJS Kesehatan untuk menjaga kesehatanya pada faskes yang ditunjuk sesuai dengan pilihan faskes (fasilitas kesehatan) yang ada di kartu BPJS Kesehatan sehingga diharapkan masyarakat terjamin kesehatanya dan dapat menambah manfaat dari ikut program JKN BPJS kesehatan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:24
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:24
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19162

    Actions (login required)

    View Item