UDiNus Repository

Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman, Kesadaran, dan Persepsi terhadap Kemauan Membayar Pajak bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus pada KPP Pratama Pati)

NIKEN, KUSUMA NILA (2016) Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman, Kesadaran, dan Persepsi terhadap Kemauan Membayar Pajak bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus pada KPP Pratama Pati). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3479b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan, kesadaran membayar pajak, serta persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan terhadap kemauan membayar pajak. Data diperoleh dari 100 responden yang terdaftar sebagai Wajib Pajak Orang Pribadi yang melakukan pekerjaan bebas di KPP Pratama Pati dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan pemahaman pengaruh negatif dan signifikan terhadap kemauan membayar pajak hal ini didasar atas nilai signifikansi sebesar 0,005. Kesadaran membayar pajak beperngaruh positif dan signifikan terhadap kemauan membayar pajak didasar atas nilai signifikansi sebesar 0,008. Persepsi atas efektivitas sistem perpajakan pengaruh positif dan signifikan terhadap kemauan membayar pajak hal ini didasar atas nilai signifikansi sebesar 0,027. Dimana nilai signifikansi masing masing variabel kurang dari 0,05.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:26
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:26
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19216

    Actions (login required)

    View Item