UDiNus Repository

Faktor-Faktor Individu yang Mempengaruhi Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi pada Universitas Dian Nuswantoro Semarang)

MENIK, ASTUTIK PUJI (2016) Faktor-Faktor Individu yang Mempengaruhi Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi pada Universitas Dian Nuswantoro Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3553b) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bukti empiris mengenai pengaruh variabel kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi semester 7 yang telah menempuh mata kuliah etika profesi yang berjumlah 80 responden. Data yang digunakan adalah data primer, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey dengan menyebar kuesioner kepada responden. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan uji kualitas data, regresi linier berganda, asumsi klasik, hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi. Dan secara parsial menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual secara signifikan berpengaruh terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:26
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:26
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19217

    Actions (login required)

    View Item