UDiNus Repository

Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit dan Kualitas Audit terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2013)

PUJI, WIDIASTUTI (2016) Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit dan Kualitas Audit terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2013). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3840b) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari struktur kepemilikan, ukuran perusahaan, dewan komisaris independen, komite audit dan kualitas audit yang secara parsial terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2013. Variabel independen yang digunakan adalah struktur kepemilikan yang terdiri dari kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, dewan komisaris independen, komite audit dan kualitas audit. Variabel dependen yang digunakan adalah manajemen laba. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 51 perusahaan yang dikalikan dengan tahun penelitian ini yaitu sebanyak 153 perusahaan secara acak. Data yang dianalisis adalah data sekunder yang didapat dari Bursa Efek Indonesia. Metode analisis dalam penelitian ini adalah dengan Analisis Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Uji F, Uji T, dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, komite audit dan kualitas audit tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba dimana nilai signifikan > 0,05. Kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba dimana nilai signifikan < 0,05.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:26
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:26
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19220

    Actions (login required)

    View Item