UDiNus Repository

Penerapan Sistem Pencatatan Akuntansi dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Pada UD. Srundeng Rahayu Banyumanik, Semarang)

MILA, KURNIA AYU (2016) Penerapan Sistem Pencatatan Akuntansi dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Pada UD. Srundeng Rahayu Banyumanik, Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3795b) | Preview

    Abstract

    Penelitian tentang bagaimana sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengembangkan sistem pencatatan akuntansi berupa laporan keuangan ini sangat perlu dilakukan agar memperoleh informasi yang akurat mengenai kondisi laporan keuangan pada satu periode. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik hadir dengan tujuan untuk mempermudah kebutuhan entitas pada akuntabilitas publik signifikan yang tidak dimiliki oleh UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik pada penyajian laporan keuangan UD. Srundeng Rahayu. UD. Srundeng Rahayu merupakan usaha manufaktur yang bergerak dibidang penjualan srundeng yang berasal dari kelapa. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi langsung dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan belum menggunakan SAK ETAP masih menggunakan laporan keuangan yang sederhana. Tidak ada satupun akun yang sesuai dengan standar yang berlaku. Penelitian ini menyarankan agar perusahaan menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan SAK ETAP, sehingga UD. Srundeng Rahayu dapat menjaga akuntabilitas keuangan perusahaan dengan baik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:26
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:26
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19241

    Actions (login required)

    View Item